Pantau Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Layanan, Tim TI Pa Bima Laksanakan Monev TI Bulan Juli 2021.
[Kota Bima, 03 Agustus 2021] Bertempat di ruang Media Center PA Bima, Tim Teknologi Informasi (TI) Pengadilan Agama Bima melaksanakan rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pemanfaatan TI berkala untuk pelaksanaan kegiatan Juli 2021. Monev TI ini diikuti oleh seluruh Tim TI PA Bima dan dipimpin oleh Wakil Ketua PA Bima selaku Ketua Tim TI Pengadilan Agama Bima.
Setelah Sekretaris PA Bima sekaligus Sekretaris Tim TI, Husninas, S.Ag. Tim TI membuka rapat kali ini, Dr. Muh. Nasikhin, S.H.I., M.H. selaku Ketua Tim TI memimpin langsung jalannya Monev Implementasi TI di PA Bima selama periode Juli 2021 ini. “Selain guna mengetahui capaian implementasi dan pemanfaatan TI, khususnya berbagai bentuk aplikasi dan inovasi berbasis TI di PA Bima, tujuan utama pelaksanaan Monev bulanan TI ini juga untuk mengetahui berbagai kendala dan capaian pemanfaatan TI di PA Bima sehingga dapat dicarikan solusi untuk menyelesaikannya”, sambutnya pada saat membuka Monev.
Setelah Wakil Ketua PA Bima menyampaikan pengantar, Plt. Panitera PA Bima, Drs. H. Ikhlas yang sekaligus merupakan Sekretaris Tim TI Bidang Kepaniteraan memaparkan berbagai kinerja pemanfaatan TI di layanan kepaniteraan selama Juli 2021. Drs. H. Ikhlas menyampaikan “sebagian besar Pelaksana TI di bagian Kepaniteraan telah optimal mengimplementasikan aplikasi berbasis TI, termasuk 11 aplikasi inovasi ungulan Badilag MA RI. Namun demikian, ada aplikasi yang sejak satu bulan ini tidak optimal pemanfaatannya, yaitu terjadinya sedikit keterlambatan dalam penginputan laporan kinerja dalam aplikasi Kinsatker dan juga pengoperasian aplikasi Buku Tamu”.
Beberapa kendala implementasi aplikasi berbasis TI di layanan Kepaniteraan yang dipaparkan tersebut kemudian oleh Wakil Ketua PA Bima dimusyawarahkan kepada seluruh peserta untuk mencari solusinya. Panmud Hukum PA Bima, Arifuddin Yanto, S.Ag menyatakan bahwa kendala keterlambatan penginputan di Kinsatker terjadi karena operator aplikasi tersebut saat ini sedang mengikuti Diklat. “Guna mengatasi keterlambatan tersebut, maka perlu ditunjuk petugas yang membackup penyelesaian penginputan dalam aplikasi tersebut”, usulnya. Setelah dibahas dan disepakati sistem penyelesaian kendala tersebut, kemudian Wakil Ketua PA Bima menginstruksikan agar seluruh kendala tersebut dapat diselesaikan dalam tempo secepatnya.
Selesai Monev TI Bidang Kesekretariatan, kemudian Sekretaris PA Bima, Husninas, S.Ag. selaku Sekretaris Tim TI Bidang Kesekretariatan giliran memaparkan capaian pemanfaatan TI di layanan Kesekretariatan di bulan Juli 2021. Beliau menyatakan bahwa di bulan juli ini seluruh program Tim TI dan pemanfaatan aplikasi dilayanan Kesekretariatan telah berjalan dengan baik. “Meskipun secara garis besar seluruh kinerja TI bidang Kesekretariatan berjalan baik, ada kendala pelaksana bidang website dalam melengkapi dan updating content di website PA Bima”, paparnya.
Ketika dilakukan pembahasan, admin website PA Bima, M. Afwan Al-Husaini, A.Md mengungkapkan: “Belum terisinya beberapa content menu website PA Bima disebabkan karena sulitnya meminta data dari penanggung jawabnya, terutama data yang bersumber dari lintas bagian. Kami kesusahan meminta data dari Tim Hawasbid ketika akan mengisi menu Laporan Hawasbid dan juga tersendat distribusi data laporan keperkaraan dari penanggung jawabnya”, tambahnya.
Bersumber dari berbagai masukan dalam rapat, akhirnya Wakil Ketua PA Bima selaku Ketua Tim TI menyatakan bahwa perlu adanya pembagian/pemecahan admin, minimal dari 2 sub layanan kita, yaitu admin yang melakukan updating content kesekretariatan dan admin yang melakukan updating content kepaniteraan (keperkaraan). Setelah ditunjuk masing-masing admin penanggung jawabnya kemudian Dr. Muh. Nasikhin, S.H.I., M.H. menyampaikan kata penutup dalam rapat: “semoga dengan adanya hasil Monev TI kali ini, berbagai kendala optimalisasi pemanfaatan TI di PA Bima segera terselesaikan sehingga PA Bima semakin mampu berkinerja tinggi, memberikan pelayanan yang prima dan berprestasi”. “Saya meminta agar Plt. Panitera dan Sekretaris sebagai Koordinator dari masing-masing bidang melakukan kontrol untuk tindak lanjut dari hasil rapat kali ini”, tutupnya. (nasikhin photo:man)